Kirim Tulisanmu Tentang Banjarnegara Ke : visit@banjarnegarakab.go.id

Alun Alun Banjarnegara dan icon kota yang istimewa

Ketika pertama kali dengar kota Banjarnegara, pasti yang terlintas di pikiran kalian adalah minuman khasnya yaitu dawet ayuatau  destinasi wisata Dieng Plateau? Ternyata ada loh… satu tempat wisata yang gak kalah menariknya dengan dua hal tersebut. Kalian pasti udah ga  asing lagi kan dengan yang namanya alun-alun? alun-alun adalah ruang terbuka hijau yang berukuran cukup luas dan biasanya menjadi salah satu tempat yang ikonik dari suatu kota. Selain menjadi ruang terbuka hijau yang bisa dijadikan tempat bersantai atau bahkan tempat rekreasi keluarga, alun-alun didesain sedemikian rupa agar bisa menjadi identitas dari suatu daerah.

Di daerah Jawa Tengah , tepatnya di kabupaten Banjarnegara ada satu tempat yang menarik banget  buat kalian kunjungi tempatnya bernama Alun alun banjarnegara , kalian pasti belum tau kan ?  alun alun banjarnegara ini terletak di Jl. Pemuda, Kutabanjar, Kec. Banjarnegara, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah.

Kenapa si kalian harus banget kesini?  karna di Alun alun banjarnegara punya satu monumen yang menjadi kekhas banjarnegara yaitu ornamen dawet ayu. Ornamen ini lengkap dengan seorang pria dan wanita yang mengenakan kebaya dan pikulan dawet ayu yang mudah banget dikenali saat kalian melewati atau berkunjung ke Alun alun Banjarnegara.

Disebelah tenggara alun alun ada tugu yang ga kalah menarik lagi pastinya. Kalo di liat liat tugu ini mirip sekali dengan tugu yang ada di jogja. Kalian harus tau loh kalo tugu ini dibangun dan di rancang oleh bapak Hudoyo sekitar tahun 1930 an.

Kalian gak perlu bingung kepanasan dan kehujanan saat berada di alun alun, karena disana ada dua pendopo yang besar dan luas lhooo. Gaya bangunanya identik sekali dengan bentuk joglo yang menjadi identitas tersendiri dari masyarakat Banjarnegara. Kalo kalian datang saat malam hari  ngga usah takut akan gelapnya malam, karna disekitar pendopo dan alun-alun banyak sekali lampu lampu yang menghiasi saat malam yang menjadikan  daya tarik saat malam hari.

Kalo kalian laper nih ga usah bingung  buat cari makanan soalnya disekitar alun-alun banyak pedagang makanan dan jajanan khas Banjarnegara. Dan kalian wajib cobain dawet ayunya….. asli enak dan seger banget…..

Selain ada dua pendopo yang super duper nyaman itu, Pasti diantara kalian ada yang ngga suka cuaca panas kan? Kalian ngga perlu takut keringetan dan kepanasan , karena saat siang hari di alun-alun itu tetep sejuk soalnya hampir disekitar alun-alun ditumbuhi banyaknya pepohonan yang rindang. Perlu kalian tauuu,,,  di alun-alun Banjarnegara ada pohon beringin bonsai yang unik dan wajib kalian abadikan saat mampir ke alun-alun Banjargera. Fasilitas yang di sedikan Di alun-alun Banjarnegara ada wc umum yang bersih dan nyaman.

Buat kalian yang suka banget sama Olahraga, bisa banget dicoba olahraga di alun alun banjarnegara karna disana punya lapangan hijau yang luas dan nyaman banget. Apalagi kalo pas cuacanya cerah wih mantep banget pemandangan bukit yang mengelilingi banjarnegara yang bakal terlihat cantik dan super duper wahhh…

Asli deh tempat ini cocok banget buat kalian yang lagi cari tempat untuk sekedar istirahat atau piknik bersama sahabat, keluarga atau pasangan kalian, tenang aja  ngga akan bikin kantong kalian kering, cukup bayar parkir  kalian bisa puas ber senang ria di alun alun kota Banjarnegara.

Selain itu wisata alun alun kota Banjarnegara ramai di kunjungi saat akhir pekan atau hari minggu, banyak anak muda yang berkumpul dan melakukan aktivitas di alun alun Banjarnegara.

Saranku untuk kalian yang mau berkujung ke Alun alun Banjarnegara, wajib banget isi full hp kalian atau bawa kamera untuk memabadikan momen kalian dan tetap jaga kebersihan untuk kebahagian bersama.

* Text Suci Ananda Putri Foto by zis Editor : kominfobanjarnegara
“>

Artikel Terkait

KOMENTAR

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *