Kirim Tulisanmu Tentang Banjarnegara Ke : visit@banjarnegarakab.go.id
Budaya Sowan Ngalas Pesangkalan

Budaya Sowan Ngalas Pesangkalan

Pernah dengar budaya sowan ngalas di desa Pesangkalan Kecamatan Pagedongan ?

mungkin banyak yang belum dengar ya ? bisa dimaklumi sebab festival budaya ini jarang digelar secara besar dan masih bersifat lokal di Desa Pesangkalan dan dan sekitarnya saja, sehingga perlu perhatian besar dari pemerintah dan pihak pihak lain untuk membesarkannya.

btw, lanjut ceritanya ya ……

budaya Sowan Ngalas adalah budaya masyarakat desa Pesangkalan dalam rangka ruwat desa, caranya dengan menjamas pusaka desa di salah satu air terjun terindah di Banjarnegara, Curug Pletuk. Biasanya, acara yang diikuti oleh ratusan warga ini dimulai dengan kirab dari balai desa pesangkalan menuju lokasi penjamasan.

Rama Salim selaku sesepuh Desa berada di barisan paling depan sebagai Cucuk Lampah memimpin Kirab budaya yang dikawal sejumlah prajurit Alas Pesangkalan dan diikuti seluruh tokoh masyarakat dan ratusan masyarakat yang  dengan tertib menelusuri jalan berundak, penuh khusyu seakan memohon pada Sang Pencipta untuk kemakmuran dan kesahajaan Bumi Pertiwi.

Dibawah Curug Pletuk ini pusaka Tombak Ronggo Jati yang merupakan salah satu  diantara  puluhan pusaka desa dipercaya sebagai pusaka ritual pelantar penerang hujan dijamas secara khusus dibawah gemuruh air Curug Plethuk alas Pesangkalan.

Beberapa saat kemudian setelah usai jamas pusaka, masyarakat dan puluhan wisatawan mengikuti tradisi padusan menikmati sejuknya air Curug Plethuk, semua beramai ramai bersuci diri sekaligus berniat menyambut datang bulan suci ramadhan. Oleh sebagian masyarakat mandi air Curug Plethuk selain segar dan menyehatkan karena kandungan mineralnya yang tinggi juga dipercaya bisa membuat awet muda.

Usai melakukan jamas pusaka dan tradisi padusan seluruh masyarakat tanpa terkecuali dan wisatawan harus membaur untuk mengikuti pesta tumpeng ingkung alas yang jumlahnya puluhan. Tumpeng ingkung alas ini sengaja di sajikan gratis untuk seluruh wisatawan dan masyarakat oleh ibu ibu dasa wisma Desa Pesangkalan sebagai wujud syukur kepada Tuhan YME.

Sayangnya, ketika pandemi beberapa saat yang lalu budaya ini tidak dilaksanakan secara terbuka karena memang anjuran dari pemerintah tidak boleh mengadakan acara yang menghadirkan banyak orang.

semoga ke depan, acara budaya ini kembali di gelar sehingga bisa kembali memaksimalkan kunjungan masyarakat dan wisatawan ke Desa Pesangkalan yang asri dan indah ini.

*Tulisan dan Foto : Anto Hio

Serulingmas Zoo, wahana edukasi yang terus berbenah

Serulingmas Zoo, wahana edukasi yang terus berbenah

Kalian tahu Serulingmas Banjarnegara Interactive Zoo kan ? Yess… dulu biasa kita kenal sebagai TRMS Serulingmas alias Kebun Binatang Serulingmas….

Tahu sejarahnya ? pasti nggak kan ? hehehe …..  jadi begini sodara sodara

Sejarah berdirinya Serulingmas Banjarnegara Interactive Zoo yaitu berawal sebagai Taman Rekreasi Serulingmas pada tahun 1996 oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjarnegara dengan bantuan Yayasan Serulingmas (Seruan Eling Banyumas) untuk memajukan sektor wisata milik pemerintah di Kabupaten Banjarnegara.

TRMS Serulingmas ditetapkan sebagai lembaga konservasi pada tanggal 21 Agustus 1997 dan disahkan oleh Menteri Koordinator Politik dan Keamanan pada Kabinet Pembangunan IV (1993-1998) Jendral TNI Purn. H. Soesilo Soedarman.

Sejak pertama dibangun, TRMS Serulingmas dikelola oleh UPT Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara. Pada tahun 2018, kepengurusan TRMS Serulingmas berganti menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sehingga berganti nama menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Serulingmas Banjarnegara Interactive Zoo.

Jadi, pada saat ini, statusnya adalah Perusahaan Umum Daerah, bukan lagi Unit Pelaksana Teknis Dinas alias UPTD lagi ya….

Oleh karena itu Minggu 25 Maret 2018 TRMS Serulingmas resmi melakukan launching brand baru menjadi Serulingmas Banjarnegara Interactive Zoo (Serulingmas BIZ). Konsep tersebut dibuat untuk mengubah citra kebun binatang konvensional menjadi kebun binatang yang interaktif.

” Jadi pengunjung tidak hanya melihat satwa dari kejauhan namun diharapkan dapat berinteraksi langsung dengan satwa yang ada “

Selain rebranding, dihari yang sama Serulingmas juga membuka wahana baru diantaranya Panahan Serulingmas, Zona Santai, dan juga Omah Terwelu. Wahana tersebut dibuat sebagai langkah awal untuk mensukseskan konsep interaktif dan juga edukasi yang menjadi tujuan baru Serulingmas.

Hal lain yang sudah dilakukan pengelola yaitu melakukan pertukaran satwa. Salah satunya adalah menukarkan satu ekor singa dengan dua ekor harimau benggala dari Semarang Zoo. Pertukaran satwa ini dilaksanakan dalam rangka usaha untuk mengembang biakan harimau benggala di Serulingmas Zoo. Sekedar informasi ya, Harimau Benggala (Panthera tigris tigris) ini merupakan satwa asli India yang sudah langka dan berstatus terancam punah (endangered).

Pertukaran ini akhirnya memberikan hasil yang diharapkan, yaitu kelahiran 1 (satu) ekor satwa Harimau Benggala di kawasan Serulingmas Zoo pada 1 April 2020. Harimau Benggala tersebut berjenis kelamin Betina yang merupakan anak dari Darma dan juga Upik dan diberi nama Darmi. Dengan lahirnya Darmi ini menambah koleksi Harimau Benggala di Serulingmas zoo menjadi 5 ekor.

Dannn…… pada hari tertentu kita boleh lho memberi makan anak harimau itu langsung, tapi syarat dan ketentuan berlaku ya……

Oya coba deh simak peta Serulingmas Zoo berikut ini, banyak yang berubah, sudah mulai berbenah dan semoga semakin megah hehehe ……

Bagi kalian yang berasal dari luar kota Banjarnegara, silahkan ikuti map berikut untuk menuju kesana ya

 Penulis : Ngatmow al azis Foto : Dokumen Serulingmas Zoo

Wisata Rohani di Masjid Agung An Nuur Banjarnegara

Wisata Rohani di Masjid Agung An Nuur Banjarnegara

Sebelumnya kalian tau kan kota gilar gilar itu julukan untuk kota apa?

Ada yang belum tau? Yaelah masa ngga tau sihh!

Nih aku kasih tau, kota gilar gilar tu julukan untuk kota Banjarnegara. Iyap Banjarnegara kota yang terkenal dengan Dawet ayu, kota yang terkenal sentra buah salak, kota yang terkenal dengan pengrajin keramiknya, kota yang terkenal dengan makanan khasnya seperti buntil, combro, onde onde dan.. pokoknya masih banyak lagi dehh. Hehee..

Kenapa sih, Banjarnegara disebut kota “gilar-gilar”? setiap daerah pastinya mempunyai slogan masing-masing, seperti “Brebes berhias”, “Magelang Gemilang”, “Jakarta Beriman” dan tak terkecuali “Banjarnegara Gilar-gilar”. Menurut peraturan daerah tingkat II Banjarnegara Nomer 21 Tahun 1990 tentang semboyan kehidupan masyarakat merupakan slogan yang mewakili Sembilan aspek kehidupan mencerminkan cita-cita kota Banjarnegara, aspeknya meliputi  Bersih, Tertib, Teratur, Indah, Aman, Nyaman, Tentram, Sopan, Sehat”.

Selain itu, menurut masyarakat Banjarnegara, makna dari kata “gilar” sendiri adalah bersih dan rapi. Sedangkan arti frasa “gilar-gilar” mempunyai makna kemakmuran. Jadi semboyan tersebut mewakili tujuan kota Banjarnegara yaitu demi mencapai kemakmuran masyarakatnya.

Trus kalian pernah ngga sih berkunjung ke pusat Kota Banjarnegara? Kalau pernah, pasti sejauh mata memandang  disuguhi pemandangan yang asri dengan pepohonan yang rindang dan monumen pikulan dawet ayu yang menjadi iconic kota ini. Selin itu tak kalah kerennya bangunan masjid yang ada dipusat kota.

Yapps, Masjid Agung Annur Banjarnegara, tampil nan elok dengan perpaduan dua gaya arsitektur; Arsitektur masjid modern dengan bangunan beton berkubah setengah bundar, bangunan utamanya masih mempertahankan bentuk bangunan masjid tradisional khas Indonesia dengan atap limas bersusun tiga, ditambah dengan satu bangunan menara terpisah dari bangunan masjid.

Masjid Agung Annur merupakan Masjid agung bagi kabupaten Banjarnegara yang berada di ruang jalan KH Ahmad Dalan no.07 Kauman, Banjarnegara, provinsi Jawa Tengah. Masjid agung ini pertama kali dibangun sekitar tahun 1865, semula berupa masjid kecil dengan ukuran 10 x 15 meter, melalui beberapa kali renovasi dan di perbesar bangun hingga ke bentuknya seperti saat ini yang megah nan artistik.

Letak Masjid Agung Annur Banjarnegara ini berada di sisi barat alun alun Banjarnegara, berseberangan dengan kantor Bupati Banjarnegara, berada di sisi timur alun alun. Posisinya yang berada di pusat kota menjadikan masjid ini tak hanya sebagai masjid tertua dan terbesar namun juga sebagai masjid utama di kabupaten Banjarnegara.

For your info, orang nomer satu di Indonesia, bapak presiden Joko Widodo bersama rombongannya pernah menunaikan sholat Jum’at di masjid Agung Annur Banjarnegara ini. Kala itu beliau sedang melakukan perjalanan darat dari kabupaten Banyumas dalam rangkaian kunjungan kerja beliau ke provinsi Jawa Tengah.

Selain itu di bulan suci romadhan, Masjid Agung Annur Banjarnegara ini biasanya menggelar Kampung Ramadhan Kauman (KRK). Kegiatan ini digelar di sepanjang Jalan KH Ahmad Dahlan halaman Masjid Agung Annur Banjarnegara. Dimeriahkan berbagai acara, termasuk bazar takjil dan para UMKM Banjarnegara, juga menggelar lomba-lomba, mulai dari menggambar untuk anak usia dini, busana muslim, fotography, hingga lomba tek-tek religi. Uhh cocok banget nih buat ngabuburit. Pada sore hari juga ada puluhan lapak untuk pedagang kecil. Syurganya pecinta kuliner banget nihh, hehee..

Tak kalah keren suasana malam hari yang begitu indah, sorotan cahaya dari alun-alun dengan lampu lampu yang menyala bergelantungan di pinggiran jalan, dan kemegahan bangunan masjid yang menjulang megah.

 


* Penulis : Khaniffah_Nur Foto : KPFB Editor : @kominfobanjarnegara
“>

Alun Alun Banjarnegara dan icon kota yang istimewa

Alun Alun Banjarnegara dan icon kota yang istimewa

Ketika pertama kali dengar kota Banjarnegara, pasti yang terlintas di pikiran kalian adalah minuman khasnya yaitu dawet ayuatau  destinasi wisata Dieng Plateau? Ternyata ada loh… satu tempat wisata yang gak kalah menariknya dengan dua hal tersebut. Kalian pasti udah ga  asing lagi kan dengan yang namanya alun-alun? alun-alun adalah ruang terbuka hijau yang berukuran cukup luas dan biasanya menjadi salah satu tempat yang ikonik dari suatu kota. Selain menjadi ruang terbuka hijau yang bisa dijadikan tempat bersantai atau bahkan tempat rekreasi keluarga, alun-alun didesain sedemikian rupa agar bisa menjadi identitas dari suatu daerah.

Di daerah Jawa Tengah , tepatnya di kabupaten Banjarnegara ada satu tempat yang menarik banget  buat kalian kunjungi tempatnya bernama Alun alun banjarnegara , kalian pasti belum tau kan ?  alun alun banjarnegara ini terletak di Jl. Pemuda, Kutabanjar, Kec. Banjarnegara, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah.

Kenapa si kalian harus banget kesini?  karna di Alun alun banjarnegara punya satu monumen yang menjadi kekhas banjarnegara yaitu ornamen dawet ayu. Ornamen ini lengkap dengan seorang pria dan wanita yang mengenakan kebaya dan pikulan dawet ayu yang mudah banget dikenali saat kalian melewati atau berkunjung ke Alun alun Banjarnegara.

Disebelah tenggara alun alun ada tugu yang ga kalah menarik lagi pastinya. Kalo di liat liat tugu ini mirip sekali dengan tugu yang ada di jogja. Kalian harus tau loh kalo tugu ini dibangun dan di rancang oleh bapak Hudoyo sekitar tahun 1930 an.

Kalian gak perlu bingung kepanasan dan kehujanan saat berada di alun alun, karena disana ada dua pendopo yang besar dan luas lhooo. Gaya bangunanya identik sekali dengan bentuk joglo yang menjadi identitas tersendiri dari masyarakat Banjarnegara. Kalo kalian datang saat malam hari  ngga usah takut akan gelapnya malam, karna disekitar pendopo dan alun-alun banyak sekali lampu lampu yang menghiasi saat malam yang menjadikan  daya tarik saat malam hari.

Kalo kalian laper nih ga usah bingung  buat cari makanan soalnya disekitar alun-alun banyak pedagang makanan dan jajanan khas Banjarnegara. Dan kalian wajib cobain dawet ayunya….. asli enak dan seger banget…..

Selain ada dua pendopo yang super duper nyaman itu, Pasti diantara kalian ada yang ngga suka cuaca panas kan? Kalian ngga perlu takut keringetan dan kepanasan , karena saat siang hari di alun-alun itu tetep sejuk soalnya hampir disekitar alun-alun ditumbuhi banyaknya pepohonan yang rindang. Perlu kalian tauuu,,,  di alun-alun Banjarnegara ada pohon beringin bonsai yang unik dan wajib kalian abadikan saat mampir ke alun-alun Banjargera. Fasilitas yang di sedikan Di alun-alun Banjarnegara ada wc umum yang bersih dan nyaman.

Buat kalian yang suka banget sama Olahraga, bisa banget dicoba olahraga di alun alun banjarnegara karna disana punya lapangan hijau yang luas dan nyaman banget. Apalagi kalo pas cuacanya cerah wih mantep banget pemandangan bukit yang mengelilingi banjarnegara yang bakal terlihat cantik dan super duper wahhh…

Asli deh tempat ini cocok banget buat kalian yang lagi cari tempat untuk sekedar istirahat atau piknik bersama sahabat, keluarga atau pasangan kalian, tenang aja  ngga akan bikin kantong kalian kering, cukup bayar parkir  kalian bisa puas ber senang ria di alun alun kota Banjarnegara.

Selain itu wisata alun alun kota Banjarnegara ramai di kunjungi saat akhir pekan atau hari minggu, banyak anak muda yang berkumpul dan melakukan aktivitas di alun alun Banjarnegara.

Saranku untuk kalian yang mau berkujung ke Alun alun Banjarnegara, wajib banget isi full hp kalian atau bawa kamera untuk memabadikan momen kalian dan tetap jaga kebersihan untuk kebahagian bersama.

* Text Suci Ananda Putri Foto by zis Editor : kominfobanjarnegara
“>

Mau Ngopi dengan suasana yang beda? Yuk ke SABIN EXHIBITOR SPACE

Mau Ngopi dengan suasana yang beda? Yuk ke SABIN EXHIBITOR SPACE

Haii guys, kalian kalo ngopi ngopi atau hanya sekedar nongkrong bareng temen biasanya dimana?, atau mungkin kalian seorang pelancong  yang sedang berkunjung ke kota Banjarnegara bingung mau singgah untuk ngopi ngopi dimana?.. nih aku kasih tau di SABIN EXHIBITOR SPACE tempatnya.

SABIN EXHIBITOR SPACE ? whattt….. apa itu ?

Hihihi ….. mungkin kamu lebih familiar dengan nama KOPI SABIN deh …..

Yes. Kopi Sabin

Katanya sih muncul ide nama Kopi Sabin karena terinspirasi dari area persawahan. Sesuai namanya “Sabin” yang dalam bahasa Jawa diartikan dengan “Sawah”. Kenapa di katakan suasana yang berbeda? Ya, karena belakang kafe ini adalah hamparan persawahan. beralamat di Jl. Mayjend. Panjaitan No. 177, Kutabanjarnegara, Kec. Banjarnegara Bisa dikatakan tempatnya yang strategis karena letaknya tidak jauh dari alun alun kota kira-kira sekitar 500 meter dari jalan raya utama. masuk gang patokan nya Klinik Hasta Bakti, Masuk lurus mengikuti jalan sampai mentok, lalu belok kiri. Kopi Sabin berada di sebelah kiri jalan gang.  disini suasanannya segar karena belakang tempat ini adalah hamparan persawahan. Tempatnya yang nyaman dan terbuka membuat siapa saja akan betah berlama-lama disini.

Untuk bangunan nya cukup unik, minimalis yaitu desain atap bangunan miring, dan diatasnya ada rooftop tersedia tiga meja lesehan untuk pengunjung selain itu dibawah rooftop samping kiri gedung juga ada meja dan bangku gituu, apalagi di area sini tempatnya yang sejuk bersebrangan langsung dengan persawahan. Untuk pemesanan ada di bagian dalam gedung dan di area ini adalah area no smoking.

Sebelah kanan gedung juga ada area parkir dan bangunan semacam gazebo untuk para pengunjung. Selain itu di depan bangunan juga ada area terbuka, tapi untuk area ini biasanya baru terisi sore soalnya kalau siang hari kan biasanya panas hehee. tempatnya yang instagramable cocok banget buat kaum milenial gituuu, tempatnya nyaman, adem, lengkap dengan pemandangan sawah yang menjadi ciri khas kafe ini. Makin betah berlama-lama di sini deh pokoknya.

Untuk menu-menu di kafe ini ada apa aja? Yang pasti menu andalan nya adalah Kopi. Jenis jenis kopinya pun banyak dan yang paling menjadi ciri khas adalah Kopi Pak Tani. Untuk rasanya.. kalian boleh deh langsung mampir saja ke sini biar bisa ngerasain sendiri hehee.. bagi yang ngga terlalu suka sama kopi tenang aja disini juga ada non coffe seperti chocolate, fruite based, fresh milk dan masih banyak lagi.

Untuk cemilannya? Ada pastinya, seperti mendoan, singkong goreng keju, aneka olahan pisang cocok banget buat nemenin kalian ngobrol. Bagi yang pengin makanan berat juga ada seperti Ayam Geprek, Rice Bowl, Mie, dan aneka menu makanan lainnya. Untuk harga, kalian pasti mikirnya mahal mahal gtu ya, secara kan kafe identik dengan harganya yang bisa dikatakan agak mahal,, tapi tenang di Kafe Kopi Sabin ini harga segala menu kopi dan makanan ramah kantong kokk..

Untuk fasilitas ada apa aja tuhh?, Wifi ada pastinya. tempat parkiran nya ada dua sisi, di bagian sisi sebelah kanan untuk parkir motor  dan bagian depan kafe biasanya untuk parkir mobil, ngga ketinggalan toilet pengunjung ada dua terletak di sisi kanan bersebelahan dengan tempat parkir. Cuman, di kafe ini ngga ada mushola nya. tapi tenang ngga jauh dari kafe sekitar 5 Meter ada mushola warga yang bisa kalian manfaatkan untuk beribadah. Trus kalau kalian pengen Delivery order juga bisa di nomer +6281215033834. Cafe ini biasa buka pada pukul 10.00 dan tutup sekitar pukul 22.30 sangat cocok untuk kalian yang ingin menikmati waktu sore bersama keluarga ataupun sahabat.

Tempat nya nyaman, makanan dan minuman nya enak, fasilitasnya oke, yang pastinya cocok banget buat kumpul bareng sama keluarga, teman, ataupun doi, hehee.. tempat yang sejuk dengan pemandangan asri hamparan persawahan, yang bakalan membuat kita betah untuk stay lama lama di sini. Penasaran? Cuss langsung aja datang ke SABIN EXHIBITOR SPACE!

Cek Lokasi Di SINI ya

* Text dan Foto Khaniffah_Nur Foto Utama Amar_Sadewa Editor : kominfobanjarnegara
“>