Kirim Tulisanmu Tentang Banjarnegara Ke : visit@banjarnegarakab.go.id

Berbasah basah memacu adrenalin di Sungai Serayu

30 Juli 2020

Salah satu kota yang menjadi tujuan wisatawan untuk melakukan rafting adalah kota Banjarnegara. Di kota tersebut terdapat sungai yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai olahraga rafting. Sungai yang dimaksud adalah sungai Serayu.

Sungai Serayu mempunyai panjang kira-kira 25 km dengan jeram-jeram kelas III – IV dan jarak tempuh menggunakan perahu selama kira-kira 4,5 – 5 jam pengarungan. petualangan  akan terasa sempurna apabila bisa menaklukan sungai serayu Banjarnegara  dengan jeram-jeram yang cukup menantang.

Keberadaan Serayu juga menjadi ikon Banjarnegara, lantaran sebagian besar alirannya berada di kawasan tersebut. Dari sisi wisata, tiap tahunnya sungai ini menggelar festival tahunan dan dikenal dengan pesona wisata arung jeramnya. Sangat cocok bagi kalian yang ingin menguji adrenalin.

Sungai Serayu memiliki tingkat grade yang cukup tinggi dengan kualifikasi arung jeram terbaik dan variatif tentunya. Selain suasana alam sekitar yang begitu eksotis, sudah pasti arung jeram di sekitar kawasan sungai ini akan memberikan suasana yang menyenangkan. Akan banyak sekali manfaat yang bisa kamu rasakan ketika mencoba arung jeram di sungai ini.

Keunggulan lokasi ini sebagai arena arung jeram dikarenakan Serayu mempunyai beberapa kelebihan dibanding beberapa lokasi pengarungan yang lain yaitu ukuran lebar sungai yang besar, rute pengarungan yang panjang, serta pemandangan sekitar sungai serayu yang indah. Sungai Serayu mempunyai debit air yang cukup besar. Di bagian hulu di wilayah Banjarnegara, sungai ini memiliki debit 656 m³/detik.

Kini sudah banyak masyarakat yang mulai menyukai olahraga yang terbilang cukup ekstrim. Olahraga tersebut adalah olahraga rafting atau arung jeram. Jenis olahraga yang satu ini dikategorikan sebagai olahraga wisata yang sekaligus menyajikan berbagai hiruk pikuk perjalanan yang dilakukan dengan menyusuri sungai.

Olahraga arung jeram membawa suatu pengalaman baru dan menguji keberanian diri untuk menghadapi tantangan. Dengan mengarungi sungai, kamu dapat melihat sudut lain dari keindahan pemandangan alam. Daya tarik yang ditawarkan jenis olahraga yang satu ini adalah terletak pada risiko serta tantangan yang ditawarkan oleh sungai itu sendiri. Oleh karena itu, plot atau alur track perjalanan untuk petualangan olahraga arung jeram tidak sama dengan trip untuk wisatanya.

Kegiatan arung jeram bisa dibilang salah satu kegiatan yang membutuhkan banyak pergerakan dan tenaga. Alangkah baiknya kamu berolahraga atau melakukan latihan fisik terlebih dahulu sekitar seminggu sebelum melakukan Wisata Arung Jeram / Rafting Sungai Serayu, Banjarnegara. Hal ini disarankan agar trip berjalan dengan lancar dan kamu bisa menikmati trip.

Bagaimana kawan petualang, adakah di antara kalian yang tertarik menguji adrenalin di Sungai Serayu, salah satu wisata Jawa Tengah andalan satu ini dalam waktu dekat? Ajak semua kawan-kawan petualangmu, ya!

 

*Penulis : Bella Rista Safera. Foto : Irman Musyafir Editor : @kominfobanjarnegara

Artikel Terkait

Gowes diatas awan? Bisa !

Gowes diatas awan? Bisa !

Gowes diatas awan? hah Emang bisa? Eits, jangan bayangin kaya Aladdin yang terbang dengan permadani ajaibnya menembus...

KOMENTAR

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *