Kirim Tulisanmu Tentang Banjarnegara Ke : visit@banjarnegarakab.go.id

COMBRO, si Oncom ning Jero, Jajanan apa lagi tuh ?

27 Agustus 2020

Oncom ning Jero ?? Apaan tuhh?? …

Say hai dulu ah sama sobat kulinerista yang demen jajan kaya aku hhee..

Kali ini ada yang mau kita bahas seputar jajanan tradisional yang ada di Banjarnegara. COMBRO BANJARNEGARA. Pernah denger?

Kalo ngobrolin soal Combro rasa-rasanya kok aneh ya bisa sampai Banjarnegara. Pasalnya si Combro ini merupakan makanan ringan asli dari Jawa Barat, yaa pokoknya dari tanah Sunda sob.. tapi disana orang-orang lebih mengenalnya dengan sebutan Comro atau Gamet,  apakah yang dari Banjarnegara lebih yummy?  yuk kita bahas …..

Jadi gini bray….. kalo emangdemen travelling,  setiap kali kita berkunjung ke daerah baru pasti tidak lupa untuk berburu kuliner, hasilnya kita pasti akan ketemu sama makanan yang mirip dengan makanan yang mungkin pernah kita coba tapi beda rasa, yaa…… itulah hebatnya Indonesia gaes……… beda daerah beda pula standar bumbu yang dipakai, jadi gak usah heran yaa…….. intinya kan tinggal makan gitu lho hahaa..

By the way, salah satu Combro yang terkenal di Banjarnegara ini adalah Combro Kalipalet. Kenapa disebut Combro Kalipalet? Because camilan gurih ini banyak diproduksi di Desa Kalipalet, Banjarnegara yahh….. dan seringnya kalau kita cari combri ini di pasar atau di lokasi kuliner banjarnegara, yang jual adalah embak-embak cantik yang berasal dari daerah kalipalet……halah …….. So, kalo kamu mampir ke Kalipalet Banjarnegara, kamu bakal sering menjumpai si Combro ini……. kurang lebihnya sih gitu………

Di Banjarnegara pun olahan Combro ini sudah umum banget, kayak siapa sih yang nggak kenal Combro yakan…… mungkin karena proses pembuatannya yang mudah dengan bahan-bahan yang umum bisa didapatkan dimana-mana jadi si Combro ini bisa eksis di masyarakat Banjarnegara sampai sekarang. Mantep yah…..

Pengen coba buat combro ? atau sekedar pengen tahu saja apa aja bahan bahan yang katanya mudah didapat itu ?
Gini gengs …….Ada beberapa bahan-bahan yang harus kamu siapkan untuk membuat Combro ini, catat yaa supaya bisa kamu praktekkan di rumah. Ada dua bahan adonan yakni, untuk kulit Combro dan isian si Combro.

Bahan Kulit Combro

Yaaang pertama…….. dan yang paling utama………..bahannya adalah singkong gaes. Yaps betul sekali, singkong adalah bahan utama untuk membuat Combro. Singkong yang digunakanpun harus yang masih mengkel ya, yang apabila dikupas dagingnya putih bersih dan padat, nggak terlalu tua atau terlalu muda apalagi yang sudah membiru, yang seperti itu biasanya pahit atau malah beracun. Kedua kelapa, parutan kelapa digunakan sebagai campuran singkongnya supaya hasil akhir lebih padat dan bertekstur, siapkan garam juga sebagai perasa. Biar gurih sob……

 Bahan isi Combro

Bawang merah, bawang putih, cabai rawit (sesuai selera), daun bawang, daun seledri, dan tidak lupa harus ada isiannya yaa…..Nah sebagai informasi, bedanya Combro Banjarnegara dengan combro sesundaan adalah isinya ini. Kalau di sunda sana isinya mayoritas oncom, kalau di Banjarnegara isinya dominan tempe yang sudah dimasak pedes……. . Kemudian tambahkan beberapa bumbu seperti merica, kecap manis, dan penyedap rasa jika kamu suka.

Okay setelah bahan ready, mari kita masak!

  1. Parut singkong dan kelapa, tambah garam atau penyedap rasa secukupnya. Campurkan keduanya supaya jadi klop..
  2. Tumis atau masak semua bahan untuk isian oncom dan tambahkan bumbu.
  3. Ambil adonan kulit (singkong dan kelapa) yang dikepal sebesar bola pingpong, pipihkan lalu isi dengan isian oncom, lalu bentuk bulat melonjong dan pipih.
  4. Goreng Combro, kemudian sajikan selagi panas supaya lebih yahud pastinya

Gimana? Gampang too…. selain rasanya yang gurih sedikit pedas, Combro recommended buat kamu yang mau tetap lancar ngemil tapi nggak mau gendut atau lagi program diet karena singkong rendah lemak. Selain itu harga Combro ini murmer alias murah meriah aman buat dompet ….. apalagi buat kita kita yang masih berstatus anak kost, lhoo mantep to…

Jadi kalo kamu nih warga kulinerista lagi main-main ke Banjarnegara jangan lupa mampir buat beli dan cobain Combronya yang gurih dan crunchy saat pertama digigit dengan ada sensasi pedas didalamnya, apalagi kamu tambahin gigit cabe rawit deh sob, beuuhhhh aduhaiii.. jangan lupa minumnya yaa, takut seret di tenggorokan hahaa..

Yukk njajan neng Mbanjar!!

 

* Penulis : Dinda Zhalia Kristi Foto : ngatmow Editor : @kominfobanjarnegara

Artikel Terkait

KOMENTAR

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *