Kirim Tulisanmu Tentang Banjarnegara Ke : visit@banjarnegarakab.go.id

Kawah Candradimuka, sisa peningggalan kesaktian Gatotkaca di dunia

28 Desember 2020

Ada yang pernah dengar cerita tentang kawah yang digunakan buat merendam gatotkaca dalam serial pewayangan jawa gaes ?
Yes…. kawah Candradimuka.

dan tahukah kalian bahwa kawah itu benar benar ada di dunia kita ?

Kudu ……sebab Kawah Candradimuka terletak di Desa Wisata Pekasiran, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara lho…..

Memang bener sih, konon kawah ini menjadi tempat yang digunakan untuk memotong tali pusar Gatotkaca saat berumur 1 tahun karena tali pusarnya yang tidak mau lepas. Setelah mengalami beragam kesulitan dan kegagalan, Akhirnya Arjuna mendapatkan petunjuk tentang cara  untuk melepas tali pusar keponakannya itu, yaitu dengan menceburkan Gatotkaca ke dalam Kawah Candradimuka.  Dalam prosesnya, dengan diceburkan Gatotkaca ke kawah itu dia berubah menjadi sakti mandraguna dan jadi salah satu tokoh pewayangan yang paling diagungkan hingga saat ini. Begitu ceritanya……..

Btw, tulisan ini ga akan bahas cerita pewayangan dan gatotkaca itu kok, kali ini yang akan dibahas adalah pesona dari Kawah Candradimuka.

Kawah Candradimuka ini sebenarnya termasuk wisata yang baru dijadiin sebagai tujuan wisata pada tahun 2001. Ada beberapa kawah yang mengumpul di lokasi itu. Namun, hanya ada tiga kawah yang aktif dan uniknya, warna dari kawah ini  terlihat sangat indah, misalnya kadang terlihat biru, kadang abu abu, kadang putih dan kadang seperti kopi susu alias buthek….. do you know what buhtek is ? hihihi …….

Oya gaes, kawah kawah ini bukan kawah yang berasal dari gunung berapi seperti kawah yang lain lho…….  tapi berasal dari retakan tanah dan menghasilkan gas belerang yang cukup pekat namun relatif aman.

Disekitar kawah juga terdapat sumber mata air alami yang dipercaya berkhasiat memberikan efek awet muda, so sekarang banyak dari pengunjung yang berkunjung khusus niat membasuh wajah demi hasil glowing gitu hahaha…

Kawah Candradimuka sering mengeluarkan bau belerang (mirip mirip telur rebus lah ….. kalo belum tahu lagi ya kaya bau kentut anda itu ,…..hahahaha) yang cukup menyengat. Satu hal lagi yang perlu diketahui sebelum diniatin piknik kesini gaes, hawa yang panas dan asap yang sering keluar dari kawah ini kurang cocok deh buat kalian yang lagi nggak fit alias badan yang kurang sehat. Jadi, kalau kalian ingin kesini pastikan badan kalian fit yaa….

Meskipun kawah ini aktif, tapi tidak usah khawatir karena tidak terlalu berbahaya dan bosan. Tempat yang cukup luas memberikan jaminan untuk kalian bisa menyaksikan langsung kekayaan alam lainnya seperti solfatara (gas belerang) yang bisa dilihat dari berbagai sudut dengan jarak yang dekat.

Atau kalo kita ada di atas, Dari celah bukit, kalian akan disuguhi dengan indahnya kawah yang masih aktif yang terletak di bagian bawah yang selalu diselimuti oleh awan yang tebal. So kalian perlu ekstra waspada untuk turun melalui anak tangga biar lebih dekat dengan bibir Kawah Candradimuka ini. Bau belerang yang cukup menyengat juga dikhawatirkan bisa merusak sistem pernafasan lho…… Jadi buat kalian nih yang nggak suka bau menyengat siap-siap pakai masker ya. Tapi, kalau kalian masih penasaran, kalian bisa  menunggu sampai asapnya berangsur-angsur menghilang.

Indah ? Pasti ….. Eksotis ? barang tentu ……

Bikin Penasaran ? Absolutely YES……

Udah, yuk cus buruan kesana ……….

* Penulis : Ade Foto : ngatmow Editor : kominfobanjarnegara
“>

Artikel Terkait

KOMENTAR

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *