Kirim Tulisanmu Tentang Banjarnegara Ke : visit@banjarnegarakab.go.id

Komunitas “PUSPABARA” (Pelaku Usaha Pariwisata Banjarnegara) resmi terbentuk

23 Desember 2020

Pariwisata merupakan sektor yang paling efektif untuk mendongkrak penguatan ekonomi masyarakat, alasannya karena sumber daya yang dibutuhkan untuk mengembangkan pariwisata ada di kota dawet ayu, dari panorama alam yang indah dengan daya tarik yang apik, ragam seni budaya, hasil industri kerajinan yang khas sampai peninggalan situs bangunan peradaban masa lampau yang menjadi magnet wisatawan. Oleh karena itu semua unsur yang ada di Banjarnegara merupakan bagian penting dalam pengembangan sektor pariwisata.

Selain sumber daya Alam (SDA), sumber daya yang dimaksud Sumber Daya Manusia (SDM) anatara lain kepiawaian dan sinergitas para pelaku dan pengelola usaha pariwisata untuk mendukung tumbuh dan berkembangnya pariwisata Banjarnegara menjadi daerah tujuan wisata di Jawa Tengah.

Kondisi ini memantik para pelaku usaha pariwisata yang tergabung dalam komunitas “PUSPABARA” (Pelaku Usaha Pariwisata Banjarnegara) yang belum lama ini telah terbentuk yang beranggotakan dari beberapa unsur antara lain Pengelola Daya Tarik Wisata (DTW), Biro Perjalanan Wisata (BPW), unsur perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Pusat Oleh-oleh Banjarnegara, Operator Jeep wisata dan pelaku usaha hiburan, telah menggelar Silaturahmi Komunitas Puspabara yang dihadiri Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Kabid Kelembagaan dan SDM, di saung bambu D’Joss Rafting Sigaluh Banjarnegara, Kamis, 17/12/2020.

Kadisparbud Banjarnegara, Drs. Agung Yusianto, M.Si , dalam pertemuan tersebut menyampaikan apresiasi sekaligus memberi stresing pada Puspabara.
” Saya mengapresiasi atas semangat teman – teman para pelaku usaha pariwisata Banjarnegara dengan terbentuknya PUSPABARA, temen-temen semua harus bisa merumuskan action kegiatan yang nantinya akan dilaksanakan. yang perlu diingat sauadara sekalian bermain di dunia bisnis namun saya minta jangan egois. ujarnya”.

Agung Yusianto juga mengajak para anggota Puspabara untuk memperkenalkan semua potensi pariwisata termasuk produk – produk pariwisata Banjarnegara dan mengenalkan akses ke Dieng Banjarnegra melalui jalur baru lewat Plipiran Limbangan – Pagentan – Batur disamping jalur Karangkobar – Pejawaran – Batur.

PUSPABARA di nakodai Fajar Sodik dari unsur Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) dalam perbincanganya menyampaikan rasa optimis untuk meramaiakan pariwisata Banjarnegara.

“Walaupun PUSPABARA masih baru namun semangat temen – temen pelaku usaha pariwisata Banjarnegara mempunyai tekad akan memajukan pariwisata Banjarnegara dan akan ikut andil dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke Banjarnegara, seperti yang tertuang dalam misi Puspabara yaitu sinergitas antar pelaku usaha pariwisata dengan dinas terkait untuk memajukan dan memasarkan potensi wisata Banjarnegara. Dan semoga dengan beranggotakan 30 orang dan masih dilakukan pendataan, dari beberapa unsur pelaku usaha pariwisata yang kurang lebih  ada 150 – 200 orang anggota, cita cita tersebut bisa segera terwujud ” ujarnya.

Artikel Terkait

KOMENTAR

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *