Kirim Tulisanmu Tentang Banjarnegara Ke : visit@banjarnegarakab.go.id

Kopi Babadan (si hitam manis unik dari Banjarnegara)

25 Juli 2020

Ditanam dari biji kopi pilihan di area sejuk dengan kualitas tanah yang bagus, serta perawatan yang intensif, jelas akan menghasilkan kualitas kopi super seperti kopi yang satu ini. Kopi Babadan namanya. Mari kita kenalan dan membedah sedikit filosofi dibalik namanya, oke langsung saja!.

Babadan adalah dusun atau sebuah desa di Kecamatan Pagentan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Kopi Babadan merupakan kopi asli hasil tanam petani pribumi dusun Babadan lhoo gaes… So,tercetuslah nama Kopi Babadan yang sudah legend di semua kalangan khususnya penikmat kopi. Bagi kamu yang asing dengan kopi yang satu ini berarti kamu belum uptodate yaa… hehe…

Dari segi nama sudah cukup ya, selanjutnya mari kita beralih ke cita rasa. Buat kamu yang sudah penasaran dengan cita rasa kopi satu ini, tolong sabar sedikit yaa.

Dari judul kalian penasaran kan? Kenapa disebut unik? Oke mari kita ulik. Penikmat kopi fanatik pasti hafal cita rasa dari jenis kopi hanya dari aromanya saja tanpa harus meminumnya, agak seram ya? Tapi itu dia keunikan dari pecandu kopi yaa… Ngomong-ngomong soal unik, Kopi Babadan nggak mau kalah. Kopi Babadan tidak terkenal begitu saja broo… ada something yang membuatnya diburu banyak orang.

Basa-basinya sudah ya, kenapa Kopi Babadan unik? dikatakan unik sebab kopi ini lain daripada yang lain. Jelas dong! Kopi yang satu ini memiliki aroma gula merah ketika diseduh, iya gula merah. Bukan karena sengaja dicampuri yaa,tapi memang asli begitu. Penasaran? Ada yang unik lagi dari kopi satu ini, yap benar sekali, dari rasanya.

Namanya memang kopi, tapi rasanya mocca. Loh kok bisa? Itu dia keunikan Kopi Babadan seperti yang saya bilang di awal tulisan ini. Coba bayangkan ketika “nyeruput” kopi asli Banjarnegara ini di pagi hari sambil baca koran dan makan singkong kukus atau pisang goreng hangat sebagai pelengkap. “Ndeso” yah? Justru itu kenikmatan hakiki pecinta kopi.

Berani jamin untuk kalian yang tidak suka kopi atau sekedar suka tapi gak hobi banget, langsung jatuh cinta deh sama kopi ini. Kopi Babadan begitu terkenal sampai ke luar kota lho, itu karena Kopi Babadan ini unik sekaligus satu-satunya yang ada di Banjarnegara. Keren kan?…

Kopi Babadan menjadi buruan penikmat dan penggemar kopi dari seluruh penjuru nusantara. Pesanan datang dari Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya dan masih banyak lagi.

So, buat kamu yang nggak sabar icip-icip si hitam eksotis ini (kok ambigu ya) oke lanjut! Jangan lupa mampir beli Kopi Babadan untuk buah tangan orang terkasih di rumah, sempatkan mampir Banjarnega atau mlipir ketika maen ke Dieng, yes Dieng bro.. Cuma kopi memang, tapi hanya ada satu yang semacam ini. Sudah unik, tidak kaleng-kaleng pastinya, pamer sedikit boleh lah ya hahaha… mantap pokoknya!.

Terlebih kepada warga Banjarnegara khususnya yang patut bangga dengan hasil bumi dari tanah sendiri. Selain bangga boleh juga lestarikan dan promosikan Kopi Babadan-nya agar semakin banyak orang di luar sana tahu kalau kopi lokal semacam ini ada juga yang spesial.

 

* Penulis : Dinda Zhalia Kristi Foto : Ngatmow Prawierow Editor : @kominfobanjarnegara

Artikel Terkait

KOMENTAR

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *