Kirim Tulisanmu Tentang Banjarnegara Ke : visit@banjarnegarakab.go.id

Membelah Kabut Naik Kayak di Telaga Merdada

24 Agustus 2020

Jelajah Dieng memang tak akan ada habisnya, banyak tempat-tempat menarik di negeri atas awan ini yang sebenarnya belum begitu terekspose. Telaga Merdada salah satunya, bukan hanya indah, telaga yang satu ini merupakan telaga terluas yang ada di kawasan Dieng lho! Kamu sudah pernah dengar wisata alam Telaga Merdada belum?

Lokasi

Terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, dengan luas telaga 25 hektare ini berada di atas ketinggian 2.045 mdpl dengan pemandangan yang masih alami. Wow!  Sekedar informasi, Jarak dari Komplek Candi Arjuna Dieng menuju obyek wisata telaga merdada ini bisa ditempuh sejauh 3,9 km atau berkendara sekitar 10 menit saja lho.

Sejarah

Seperti yang disebutkan diatas telaga merdada merupakan telaga terluas, luasnya telaga ini menjadi alasan diberikan nama “merdada”. Merdada merujuk pada “dada” yang mengandung makna lapang atau luas. Tahukah kalian bahwa telaga ini tidak memiliki sumber mata air. Seluruh air yang menggenangi telaga ini merupakan tampungan air hujan, ketika musim hujan volume air telaga akan penuh. Begitupun sebaliknya, pada musim kemarau telaga ini akan kering. Bagian tengah telaga akan terlihat dengan jelas. Meski begitu, bukan berarti telaga ini bisa dilintasi dengan berjalan kaki, telaga ini memiliki lumpur yang dalam sehingga berbahaya untuk dilintasi.

Air telaga merupakan sumber air bagi para petani, lahan-lahan kentang yang banyak terdapat di sekitar telaga sangat bergantung pada debit air telaga ini. Obyek wisata telaga merdada memiliki pemandangan yang sangat indah, air yang jernih serta dikelilingi oleh dua perbukitan yaitu bukit pangonan dan bukit semurup yang masih hijau alami menjadikan suasana telaga tampak asri dan sejuk.

Harga Tiket Masuk

Telaga merdada dibuka untuk umum setiap hari dari jam 07.00 sampai 16.00 WIB, untuk harga tikek masuk atau HTM kamu hanya merogoh uang Rp. 5.000 per orang. Biaya lainnya yang harus kamu keluarkan adalah tiket parkir kendaraan.

Harga tersebut bisa sewaktu-waktu berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya. Jika mengunjungi telaga merdada pada saat bukan hari libur makan tidak dikenakan biaya tiket masuk.

Daya Tarik

Selain melihat-lihat pemandangan yang masih sangat asri serta memancing, pengelola juga menyediakan dua jenis kayak untuk mengelilingi telaga yang dapat disewa oleh pengunjung, kayak tersedia dengan kapasitas single dan double. Pengunjung cukup membayar Rp 25.000 untuk kayak yang digunakan sendirian, dan kayak kapasitas dua orang seharga Rp 50.000 selama setengah jam. Sebelum menaiki kayak, pengunjung diharuskan memakai pelampung dan helm untuk menjaga keselamatan dan perlindungan diri.

Jika wisata kayak di tempat lain biasa dilakukan di tempat terbuka yang relatif memiliki cuaca hangat, di telaga merdada suasana yang disuguhkan sangat jauh berbeda. Di waktu tertentu, dayungan di telaga tersebut akan mengantar pengunjung ke dalam lautan kabut lengkap dengan tiupan angin dingin khas Dataran Tinggi Dieng.

Nah, buat kamu yang ingin merasakan sensasi naik kayak membelah kabut seperti awan dan menikmati embusan udara dingin. Jangan lupa datang ke Telaga Merdada, ya!

Mau berkunjung ke sana ? Cek Disini ya

 

* Penulis : Bella Rista Safera. Foto : ngatmow Editor : @kominfobanjarnegara

Artikel Terkait

KOMENTAR

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *