Kirim Tulisanmu Tentang Banjarnegara Ke : visit@banjarnegarakab.go.id

Pecel Legendaris dari Blimbing Lengkong, Absolutely Recommended Lho

oleh | Des 11, 2022

11 Desember 2022

Annyeonghaseyo

Allo guys apa kabar? Plis jangan dijawab “kimi ninyiiii” , bosen banget nih dengernyaa lingkungan sekitar sindrom kamu nanya semuaaa. Hmmm say hai dulu kali ya sama sobat Kulinerista biar keliatan akrab gitu…..

Kira kira sobat kulinerista sama kaya aku ga nih suka jajan, kalau jawabannya iya pembahasan kali ini pasti bakal menarik banget buat kalian, tapi kalau jawabannya engga bisa jadi ini adalah awal kalian suka sama makanan. Makanan apa ya yang akan kita bahas? Ayo kita hitung mundur Bersama

1 2 3 ….

Taraaaa jadi kali ini kita akan bahas mengenai makanan tradisional pecel. Hayoo sobat kulinerista tau ga nih apa itu pecel? Jadi gini nih sob pecel adalah makanan yang berbahan dasar sayuran yang sudah direbus lalu diperas airnya, nah setelah diperas airnya sayuran tadi dihidangkan di sebuah wadah yang cukup besar, baru nanti pada saat akan dihidangkan  di tempatkan p ada piring cantik dengan sambel kacang yang disiram diatasnya. Sebenarnya pecel itu ga beda jauh loh sama salad, iyaa bener makanan kekinian itu loh yang sekarang lagi digandrungi sama anak anak milenial, bahkan dijadikan salah satu makanan diet karena bahan utamanya yaitu sayuran yang menyehatkan dan rendah lemak. Eh sini deh aku kasih tau pecel punya nama yang super kece loh, apaya kira kira nama nya? Namanya adalah Salad Vegetables with Peanut Sauce. Wah kayanya kalau kita jualan pecel terus pakai spanduk dengan Bahasa Inggris tadi bakal lebih narik perhatian anak muda ya.  Bagus tuh bisa jadi salah satu trik jitu buat naikin eksistensi pecel.

Wah ternyata Sebagai salah satu makanan tradisional pecel memiliki makna atau filosofi tertentu loh, yuk kita bahas beberapa . Yang pertama adalah makna kebebasan, jadi gini sob semisal kita akan membuat pecel kita ga akan dibatasi untuk mencampur sayuran dan bumbu yang akan digunakan selama bahannya aman, malah dengan sayuran atau bumbu yang berbeda dapat membuat keunikan tersendiri dan menjadi pembeda antara pecel disatu daerah dengan daerah lainnnya. Yang kedua adalah makna keragaman, Sobat tentunya dapat melihat sendiri bukan bahwa sayuran yang digunakan dalam membuat pecel itu beragam, hal serupa juga berlaku pada pembuatan bumbu. Dan yang terakhir adalah makna kesederhanaan, makna ini tercermin dari bahan yang digunakan yaitu mudah didapat, murah dan pengolahannya mudah.

Ternyata kalau kita cari tau secara lebih dalam mengenai makanan tradisional yang satu ini terdapat banyak fakta menarik ya. Nah setelah tau pengertian dan makna pecel secara umum, yuk kita bahas lebih spesifik lagi.

Jadi gini nih sobat kulinerista di Dukuh Blimbing, Desa Lengkong, Kecamatan Rakit itu terdapat pecel yang bisa dikatakan legendaris, loh kok bisa sih? Bisa dong apa si yang mustahil di dunia ini, pecel ini sudah berdiri selama 30 tahun lebih, wah…. Usia aku aja setengah dari bisnis pecel ini hihihi…. Kalian tau ga nih apa yang bikin bisnis ini tetap eksis dari dulu sampai sekarang meskipun zaman terus berkembang? Ah dari pada kelamaan aku kasih tau aja deh, pecel ini bisa tetap eksis karena memiliki keunikan atau ciri khas tersendiri yang membedakannya dengan pecel didaerah lain. Coba tebak deh keunikan apa yang terdapat di pecel satu ini sehingga tetap eksis hingga saat ini bahkan dikalangan generasi muda. Wah ada ga nih yang menebak keunikannya terdapat dibagian bumbu, kalau ada selamat ya sob jawaban kalian benar sekali.

Jadi gini bumbu pecel yang pada umumnya ditumbuk hingga halus tidak berlaku untuk pecel Blimbing. Penjual pecel ini memberi ciri khas tersendiri pada produknya, Kacang yang digunakan untuk bumbu tidak ditumbuk sampai halus malahan sengaja dibuat agar masih banyak kacang yang potongannya besar besar. “yah susah dong makannya” no no engga gitu dong sob kosepnya, meskipun kacang ini tidak ditumbuk sampai halus tapi itu ga bikin makannya susah malahan ada sensasi tersendiri saat makan. Aduh jadi ngiler nih pengin makan pecel sekarang juga. Jujur aja ya aku jadi penasaran deh gimana sih proses pembuatan pecel unik yang satu ini.

Adakah yang penasaran juga kaya aku? Kalau ada yuk cari tau sama sama.

Buat menjawab rasa penasaran aku tentang proses pembuatannya, beberapa waktu yang lalu akhirnya aku Bersama beberapa temanku melakukan wawancara dengan narasumber. Dan kalian tau ini pecahh bangettt narasumber dengan amat baik hati memberi tau proses pembuatan bumbu, cara pengolahan sayur, bahkan cara membuat gorengan pendamping pecel kayak bakwan, dan yapp kita dikasih tau itu semua secara Cuma Cuma, mulia sekali beliau ini.

Sekarang yuk simak hasil wawancaranya

Bahan Bumbu Pecel

Yang pertama dan paling utama yaitu kacang tentunya, eitsss jangan asal pilih kacang ya guys cari deh tuh kacang dengan kualitas yang baik, ya memang si harganya lumayan mahal tapi inget ada harga ada barang. Tentunya buat bikin bumbu yang bombastis perlu bahan pendamping dong seperti gula jawa, Bawang putih, bawang merah, cabai.

Bahan sayuran

Guys seperti yang udah kita bahas tadi nih kalau salah satu filosofi pecel adalah kebebasan dan keberagaman. Jadi sayuran apapun boleh dicampurkan saat membuat pecel, contoh aja nih untuk pecel Blimbing sendiri menggunakan kenci, bayam, kecombrang, dan timun.

Bahan gorengan

Untuk menu pendamping sih sebenernya ga ada Batasan guys tapi untuk pecel Blimbing andalannya yaitu bakwan. Katanya si alesannya selain karena paling banyak diminati, bahan yang digunakan itu mudah di dapat, aman dikonsumsi dan pastinya murce dong hehehe. Bahan yang digunakan itu antara teriguu eh tapi jangan asal pilih terigu ya karena kualitas nya itu berpengaruh loh ke tekstur adonan, sedangkan untuk sayuran yang dibutuhkan antara lain wortel, kobis, kecambah, bawang putih, garam, lada, sedikit penyedap rasa, dan air.

Sip deh kalau semua bahan udah terkumpul, lets go kita mulai masak memasaknya.

Kita mulai dari yang paling rumit dan lama dulu proses pembuatannya ya, bener banget apa lagi kalau bukan buat bumbunya.

  1. Ayak kacang yang sudah dibeli, dan pilihlah yang besar besar untuk diolah ke tahap berikutnya.
  2. Proses yang ngebuat kacang ini tahan lama dan punya rasa gurih tersendiri itu adalah sebelum ditumbuk, kacang ini di sangrai terlebih dahulu biar minyaknya keluar secara alami.
  3. Setelah di sangria masukan kacang kedalam alu untuk ditumbuk, ingat ya sob jangan terlalu halus, dan sisihkan ke tempat lain.
  4. Nah kalau urusan kacang kacangan udah beres kita lanjut ke gula jawa, masukan gula ke alu dan tumbuk sampai halus, iyapp bener langsung ya guys ga perlu disisir atau dipotong kecil kecil dulu, katanya sih biar lebih mantep.
  5. Setelah ditumbuk halus campurkan gula dengan air dan bumbu bumbu lainnya lalu aduk rata, baru deh kalau semua udah kecampur masukin kacang tadi plung plung.
  6. Setelah jadi pindahkan ke tempat lain.

Perbumbuan beres kita lanjut ke sayuran

  1. Pilih sayur yang masih segar dan tidak terlalu banyak bagian yang cacat.
  2. Bersihkan sayuran dengan teliti dibawah air mengalir.
  3. Tiriskan menggunakan wadah yang berlubang dibagian bawah agar air dapat keluar.
  4. Setelah bersih rebus lah sayuran di air yang sudah mendidih, lalu angkat saat sayuran sudah cukup lunak.
  5. Tiriskan lagi semua sayuran yang telah direbus lalu potong, tapi ingat guys jangan terlalu kecil.

Tahap kedua selesai, kita lanjut ke bagian terakhir yaitu membuat menu pendamping pecel biar tambah oishi gitu…

  1. Langkah pertama cuci bersih sayuran yang telah dibeli dan tirisan sebentar lalu potong kecil kecil, ingat ya guys kecil dan buat setipis mungkin, setelah dipotong pindahkan kewadah lain.
  2. Tumbuk atau blender merica sampai halus lalu campurkan dengan garam.
  3. Tuangkan tepung terigu ke wadah besar lalu campur dengan bumbu serta penyedap.
  4. Setelah tercampur tuangkan air sedikit demi sedikit sampai tingkat kekentalan yang diinginkan.
  5. Setelah adonan jadi masukan sayuran yang sudah di potong tadi. Aduk hingga tercampur rata.
  6. Cetak adonan dengan bentuk bulat di minyak yang sudah panas.
  7. Sebelum penyajian tirisan dulu dipiring yang dialasi tisu makanan agar tidak terlalu berminyak.

Gimana guys mudah kan membuat pecel? Atau kalau mau lebih mudah juga bisa caranya ya beli hehehehe… kalian tim mana nih buat atau beli? Apapun itu kita sebagai generasi milenial punya kewajiban untuk terus melestarikan budaya peninggalan nenek moyang loh, jadi ayo kita ambil peran kita untuk ikut serta melestarikan budaya daerah salah satunya dengan ikut mempromosikan, mempelajari cara membuat dan juga melakukan inovasi agar makanan ini tetap ekzizz….jadi jangan lupa yauntuk mencoba pecel saat sobat kulinerista berkunjung ke Banjarnegara, untuk masyarakat yang berdomisili di Banjarnegara juga jangan mau kalah dong, sebagai warga asli tempat dimana pecel popular tentunya harus mencintai dan ikut mempromosikannya. Ga harus ke blimbing kok karena di Banjarnegara ini semua pecel memiliki keunikan nya sendiri, dijamin deh kalian ga bakal nyesel

Lest taste typical Banjarnegara food ...

** Text dan Foto by  @mitaata_ dari SMA N 1 Wanadadi

Artikel Terkait

KOMENTAR

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *