Kirim Tulisanmu Tentang Banjarnegara Ke : visit@banjarnegarakab.go.id

Roxie dan Sengwong, sepasang gajah Sumatera di Serulingmas Zoo

31 Oktober 2022

Sepasang Gajah Sumatra datang ke Serulingmas Banjarnegara Interactive Zoo gaes…..  Dua ekor gajah ini, datang ke Serulingmas Zoo atau yang dulu biasa disebut dengan TRMS Serulingmas, dari Mason Elephant Park and Lodge Bali. dengan pengawalan ketat dari Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Bali, BKSDA Jawa Tengah, dan Kepolisian Resor Banjarnegara pada, Sabtu (29/10/2022) kemarin.

Menurut Direktur Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Serulingmas Banjarnegara Interactive Zoo, Lulut Yekti Adi,  kedatangan Roxie (betina) dan Sengwong (jantan) ini harapannya menambah daya tarik wisatawan jelang libur tahun baru dan  menambah edukasi bagi wisatawan yang datang ke Serulingmas Zoo Banjarnegara.

“Kami sudah berupaya mendatangkan dua ekor gajah ini sejak empat tahun lalu. Sebelum kedatangan gajah ini, kami juga sudah mempersiapkan berbagai keperluan lainnya, termasuk kandang dan kebersihan serta keamanannya,” katanya.

Dua gajah Sumatera yang masih berusia 30 tahun itu diharapkan bisa menjadi titik awal upaya koservasi gajah di TRMS Serulingmas lho. Sebab dengan usia yang tergolong masih muda (untuk umur gajah), sangat besar kemungkinannya untuk berkembang-biak.

Dalam 14 hari pertama, kedua ekor gajah tersebut dikarantina dan akan cek kesehatan untuk mengantisipasi kemungkinan terjangkitnya virus dan bakteri selama perjalanan Bali-Banjarnegara. Pengecekan kesehatan, juga oleh TRMS Serulingmas, dengan pendampingan dan pemantauan BKSDA Jawa Tengah.

Sebagai informasi, sebenarnya TRMS Banjarnegara dulu pernah memiliki koleksi satwa besar tersebut, namun sempat terjadi dua peristiwa yang membuat hewan bertelinga lebar ini mati. Peristiwa pertama terjadi pada 2010, seekor gajah mati keracunan. Kemudian pada 28 November 2012 seekor gajah sisanya mati tersengat arus listrik saat renovasi kandang gajah.

Penasaran ? yuh ke Serulingmas Banjarnegara Interactive Zoo

 Penulis : Ngatmow al azis Foto : Bagas Wiam

[supsystic-social-sharing id='1']

Artikel Terkait

KOMENTAR

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *