Kirim Tulisanmu Tentang Banjarnegara Ke : visit@banjarnegarakab.go.id

Rumpit Bike Park, menguji nyali naik turun bukit bersepeda

Alam Banjarnegara menawarkan begitu banyak pesona. Masyarakat pun semakin kreatif memunculkan pesona itu mampu menjadi destinasi wisata dengan konsep masing-masing. Salah satunya Rumpit Bike Park yang hadir dengan memadukan wisata alam dan olah raga, khususnya bersepeda. Wisata itu berada di wilayah perbukitan selatan Kabupaten Banjarnegara, tepatnya di Desa Salamerta Kecamatan Mandiraja.

Destinasi ini semakin moncer dan menjadi nominee dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2018, kategori Wisata Olah Raga dan Petualangan Terpopuler. Bagi pesepeda gunung atau motocross, tempat ini sangat tepat untuk memacu adrenalin. Letih perjalanan menuju puncak akan terbayarkan dengan hawa sejuk serta panorama alam yang menawan.

Di beberapa titik, juga disediakan spot foto yang menarik. Kartono, salah satu penggagas Rumpit Bike Park, menuturkan, banyak fasilitas pendukung yang bisa dimanfaatkan pengunjung selain jalur trek bersepeda, juga ada beberapa selfie deck, rumah pohon, dan bebatuan alam.

Bagi yang ingin menikmati suasana malam, juga berkemah di camping ground. “Tiket masuk hanya Rp 5000,”ujarnya. Wisatawan yang ingin bersepeda tanpa repot membawa dari rumah, juga disediakan persewaan sepeda di lokasi.

Sedangkan bagi komunitas pesepeda yang akan menikmati rute di Rumpit Bike Park diminta untuk memesan tiket terlebih dahulu sekaligus untuk mengatur jadwal agar tidak berbenturan dengan komunitas lain. Saat akhir pekan, jumlah pengujung Rumpit Bike Park bisa mencapai 250 orang. Selain keluarga, banyak juga komunitas sepeda yang tertantang menaklukkan jalur di Rumpit Bike Park.

Uniknya, hampir 70 persen pengunjungnya berasal dari luar daerah, bahkan banyak dari Jawa Barat. Akhir pekan lalu, Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono sempat mengunjungi Rumpit Bike Park. Menurutnya, objek wisata tersebut sudah bagus. Hanya saja, jalan menuju ke lokasi perlu segera diperbaiki karena terlalu sempit dan sudah rusak.

Dia meminta agar Pemerintah Desa Salamerta untuk memprioritaskan dana desa untuk perbaikan menuju ke pintu gerbang Rupit Bike Park. Bupati juga mengingatkan pentingnya sarana air bersih, toilet, mushala, penerangan dan warung makanan. Fasilitas tersebut perlu segera dipenuhi sehingga diharapkan kunjungan wisatawan akan terus meningkat.

Mau kesana ? Cek peta dibawah ini …..

* Penulis : Castro Suwito Foto : Dwi Agus  Artikel ini pernah tayang di Suara Merdeka

Artikel Terkait

KOMENTAR

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *