Kirim Tulisanmu Tentang Banjarnegara Ke : visit@banjarnegarakab.go.id

Banjarnegara Snake Fruit ? buah istimewa yang mendunia

6 Agustus 2020

Apa  yang kamu bayangkan ketika mendengar istilah snake fruitst? kalo diartikan secara bahasa sih snake adalah ular dan fruit adalah buah….. jadi sebenernya  ini buah atau hewan sih? Yes benar ini adalah istilah dari  buah salak, disebut snak fruit karena kulitnya mirip dengan sisik ular. Kulit buah salak yang berwarna coklat tersususun dari  “sisik” seringkali dihiasi dengan miang-miang yang keras dan menyakitkan bila melukai tangan.

Tidak jarang jari kita terluka saat mengupas kulit buah salak karena memang kulitnya yang tajam dan bersisik.   Bahkan artis cantik Nia Ramadhani aja gak tau caranya buka salak…. haduh….. ini emang lupa caranya atau ngga pernah makan buah salak si? Udah ya lanjut kendati kulitnya yang bersisik ternyata buah yang sering menyakiti banyak orang ini adalah buah yang memiliki banyak gizi yang dikenal sebagai obat untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Salak juga mengandung antioksidan yang bisa mencegah kanker dan meningkatkan kesehatan jantung.

Well guys kalian tau tidak, buah salak menjadi komoditi kebanggan kabupaten Banjarnegara loh, selain dawet ayu yang sudah terkenal sampai manca negara, wisata Dieng yang sudah dijamah para bule, Banjarnegara juga memiliki keunggulan lainnya, yaitu Buah Salak. Salak Banjanegara dagingnya tebal dan berlapis dan yang pasti rasanya juga manis semanis aku…… hehehe…….

Ngga sampai disini aja, ternyata buah salak dari Banjarnegara merupakan salah satu unggulan buah segar yang di ekspor ke luar negeri dan salah satu sentra yang paling terkenal.

Ada banyak sekali kelompok tani standar eksport dan kelompok UKM pengelolan hasil salak di kabupaten Banjarnegara. Nah karena hasil panen yang melipah ruah ini  UMKM Banjarnegara tidak mensia-siakan kesempatan untuk mengelola hasil panen agar bisa di produksi menjadi berbagai olahan yang inovatif dari bahan utama buah salak tentunya.

Pertama, ada olahan kripik salak. Guys, Apakah kalian sudah pernah makan kripik salak? Atau jangan jangan kalian baru tau kalau salak bisa di bikin menjadi olahan kripik? Ya, kripik salak ini mepunyai rasa yang gurih dan juga  manis, pembuatannya pun cukup mudah dan tidak rumit. Dalam pengolahan keripik ini pertama yang harus dipastikan adalah pemilihan buah salak dengan kualitas super sekaligus sudah matang. Kemudian kupas bersih kulit salaknya plus kulit arinya yaa dan cuci dengan air mengalir juga pastikan salak sudah dalam keadaan bersih. Terakhir masukkan ke dalam mesin oven pengering. Jika daging salak sudah kering tinggal tiriskan sampai dingin dan keripik salak siap di kemas dan dipasarkan ke konsumen. Rasa keripik salak yang sudah kering ini masih tetap alami (original) karena tanpa tambahan bahan perasa dan awet karena non bahan pengawet yaa..

Terdapat beberapa olahan lain gaes, buah yang kaya manfaat ini juga bisa diolah menjadi minuman yaitu sirup salak kerap kali kita menjumpai sirup hanya rasa melon, strawberry, dan jeruk yaa waahh.. itu umum sekali, ternyata salak juga bisa diolah jadi sirup salak. Sirup ini mempunyai keunikan rasa tersendiri, yaitu manis dan asam, yang lebih pentingnya lagi konon  kandungan zat pektin pada olahan  buah salak bermanfaat  mampu mencegah terjadinya kangker poskat.

Cara membuat sirup salak sangat mudah. Pertama, kupas buah salak lalu haluskan daging buahnya. Bisa menggunakan blender atau diparut kemudian air perasannya lah yang bisa dimanfaatkan untuk membuat sirup. Eits.. daging bekas parutan sirup tadi jangan langsung dibuang ya guys, Daging salak bekas parutan bisa dimanfaatkan kembali untuk membuat olahan makanan menjadi dodol salak. Caranya gampang banget cukup campurkan dengan tepung dan gula kemudian masak di kuali sampai kental dan mulai kenyal boleh tambahkan gula sebagai pemanis yaa..

Itu tadi beberapa olahan buah salak yang pasti belum banyak kamu ketahui yakan.. adapun para generasi milenial yang kreatif-kreatif nih, buat sesuatu yang unik dari salak misal saja kerajinan kulit salak yang dibuat jadi tas atau dompet, so pasti keren sekali dan lain daripada yang lain. Khususnya warga Banjarnegara yang punya kawasan Salak Pondoh nih, ayolaahh bangun kalian punya banyak potensi untuk menggali produk lokal asli Banjarnegara supaya dapat dikenal warga luar Banjarnegara.

Adapun upaya yang mesti kita lakukan yakni selalu mempromosikan produk lokal asli Banjarnegara dengan selalu menjaga eksistensi keunggulan produk-produknya serta cintai produk sendiri itu yang terpenting gaes.. termasuk buah salak yang harus selalu eksis di dalam kota maupun luar kota. Jangan-jangan kalian suka makan salak tapi nggak tau asal-usulnya wahh itu nggak keren.

Bahas salaknya sudah ya, selanjutnya ayoo larisin pedagang buah dan cari buah salak lalu mari makan sampai kenyang haha…. see u…..

*Penulis : Gia Taratia Foto : Fora Ginanjar Katamsi Editor : @kominfobanjarnegara

Artikel Terkait

KOMENTAR

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *