Kirim Tulisanmu Tentang Banjarnegara Ke : visit@banjarnegarakab.go.id

Serulingmas Zoo, wahana edukasi yang terus berbenah

Kalian tahu Serulingmas Banjarnegara Interactive Zoo kan ? Yess… dulu biasa kita kenal sebagai TRMS Serulingmas alias Kebun Binatang Serulingmas….

Tahu sejarahnya ? pasti nggak kan ? hehehe …..  jadi begini sodara sodara

Sejarah berdirinya Serulingmas Banjarnegara Interactive Zoo yaitu berawal sebagai Taman Rekreasi Serulingmas pada tahun 1996 oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjarnegara dengan bantuan Yayasan Serulingmas (Seruan Eling Banyumas) untuk memajukan sektor wisata milik pemerintah di Kabupaten Banjarnegara.

TRMS Serulingmas ditetapkan sebagai lembaga konservasi pada tanggal 21 Agustus 1997 dan disahkan oleh Menteri Koordinator Politik dan Keamanan pada Kabinet Pembangunan IV (1993-1998) Jendral TNI Purn. H. Soesilo Soedarman.

Sejak pertama dibangun, TRMS Serulingmas dikelola oleh UPT Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara. Pada tahun 2018, kepengurusan TRMS Serulingmas berganti menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sehingga berganti nama menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Serulingmas Banjarnegara Interactive Zoo.

Jadi, pada saat ini, statusnya adalah Perusahaan Umum Daerah, bukan lagi Unit Pelaksana Teknis Dinas alias UPTD lagi ya….

Oleh karena itu Minggu 25 Maret 2018 TRMS Serulingmas resmi melakukan launching brand baru menjadi Serulingmas Banjarnegara Interactive Zoo (Serulingmas BIZ). Konsep tersebut dibuat untuk mengubah citra kebun binatang konvensional menjadi kebun binatang yang interaktif.

” Jadi pengunjung tidak hanya melihat satwa dari kejauhan namun diharapkan dapat berinteraksi langsung dengan satwa yang ada “

Selain rebranding, dihari yang sama Serulingmas juga membuka wahana baru diantaranya Panahan Serulingmas, Zona Santai, dan juga Omah Terwelu. Wahana tersebut dibuat sebagai langkah awal untuk mensukseskan konsep interaktif dan juga edukasi yang menjadi tujuan baru Serulingmas.

Hal lain yang sudah dilakukan pengelola yaitu melakukan pertukaran satwa. Salah satunya adalah menukarkan satu ekor singa dengan dua ekor harimau benggala dari Semarang Zoo. Pertukaran satwa ini dilaksanakan dalam rangka usaha untuk mengembang biakan harimau benggala di Serulingmas Zoo. Sekedar informasi ya, Harimau Benggala (Panthera tigris tigris) ini merupakan satwa asli India yang sudah langka dan berstatus terancam punah (endangered).

Pertukaran ini akhirnya memberikan hasil yang diharapkan, yaitu kelahiran 1 (satu) ekor satwa Harimau Benggala di kawasan Serulingmas Zoo pada 1 April 2020. Harimau Benggala tersebut berjenis kelamin Betina yang merupakan anak dari Darma dan juga Upik dan diberi nama Darmi. Dengan lahirnya Darmi ini menambah koleksi Harimau Benggala di Serulingmas zoo menjadi 5 ekor.

Dannn…… pada hari tertentu kita boleh lho memberi makan anak harimau itu langsung, tapi syarat dan ketentuan berlaku ya……

Oya coba deh simak peta Serulingmas Zoo berikut ini, banyak yang berubah, sudah mulai berbenah dan semoga semakin megah hehehe ……

Bagi kalian yang berasal dari luar kota Banjarnegara, silahkan ikuti map berikut untuk menuju kesana ya

 Penulis : Ngatmow al azis Foto : Dokumen Serulingmas Zoo

[supsystic-social-sharing id='1']

Artikel Terkait

KOMENTAR

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *