Kirim Tulisanmu Tentang Banjarnegara Ke : visit@banjarnegarakab.go.id
Soping Soto Krandegan – Sotonya Orang Asli Banjarnegara

Soping Soto Krandegan – Sotonya Orang Asli Banjarnegara

Jika anda para pecinta dan pemburu kuliner (apa yaa sebutannya?), sedang berada di daerah Banjarnergara pastikan dirimu tidak lupa untuk mencicipi kuliner khas Banjarnegara yang satu ini. Soto Krandegan! Yes Alright..

Dalam hari-hari menjelang Idul Adha atau hari raya qurban bagi masyarakat muslim tentunya saat ini, pasti banyak diantara kalangan kulinerista, kuliner maniak, kulineria…hahaa tiba-tiba muncul nama-nama itu untuk para pemburu kuliner astaga saya haha.. pasti banyak dari kalian masyarakat muslim sedang melaksanakan ibadah puasa sunnah arafah sehari sebelum hari raya kan? Atau malah sepuluh hari sebelumnya?.

Kenapa ku singgung soal ini, sebab tidak lain tidak bukan, aku sangat ingin sekali pake banget, merekomendasikan Soto Krandegan ini untuk rekomendasi menu berbuka puasamu wahai kulinerista atau apapun sebutannya itulah…

“Selama ini aku bosan karena menu “Soto” sangat umum dimana-mana, aku menginginkan sesuatu yang berbeda yang menggoyang lidahku, menambah selera makanku, dan mendugemkan cacing-cacing di perutku untuk sesuatu yang sangat lezat, apa kiranya wahai kulinerista sekalian?” (seperti itulah kiranya isi pikiranku).

Kenapa umum? Menurutku soto banyak yang tidak asli sekarang,maksudnya asli bukan dalam artian sesungguhnya yaa.. Secara kuliner yang satu ini sudah banyak sekali variannya. Sekalinya ke tempat khusus kuliner yang banyak sotonya, “soto ini lah, soto itu lah”. Macem-macem pokoknya, “soto haji ini soto haji itu” hahaa.. banyak sekali.

Oke yang pasti-pasti saja. Balik lagi ke Soto Krandegan. Mari kita SOPING SOTO KRANDEGAN! Kok malah soping? Bukan soping alias belanja alias njajan alias ngabisin duit alias melancong, bukan itu semua bro. Soping maksudnya “SOTO DAGING SAPI” kenapa kita harus mencobanya sebab soto satu ini legend banget………..

gimana nggak legend, soto ini sudah ada sejak tahun 30-an tapi masih eksis sampe sekarang, lho tua-tua keladi (makin tua makin menjadi) jadi legendaris maksudnya haha…

Yang membuatnya lezat adalah potongan daging sapi, jeroan, dan kuah santan yang kental dengan tambahan taburan bawang goreng dan daun bawang, hmmm sudah bisa dibayangkan? Prosesnyanya juga nggak sembarangan, daging sapi dipilih hanya dibagian iganya dan daging bagian dalam sebab bagian itu yang mempunyai tekstur empuk dan memiliki lemak sedikit jadi aman untuk kamu yang punya kolesterol. serta proses pemasakan selama lebih dari tiga jam wajar dong SOPING ini mempunyai rasa yang aduhai..

Tapi tetap saja jangan menggila kalau makan yaa, harus bisa bedakan antara lapar dan doyan,haha..

Aroma kuah menjadi semakin kuat sebab ada tambahan rempah-rempah seperti kunyit, lengkuas, dan serai.

Selain itu, adapun resep kecap manis yang turun temurun. Katanya sih kalau kecap ini diganti bakalan merubah cita rasa sotonya. Waah.. aku mulai lapar.

Satu porsi Soto Krandegan dijual dengan harga yang murah meriah, Cuma 18 ribu rupiah saja cocok dikantong pelajar yang masih ngekos seperti diriku ini. Pokoknya soto ini cocok lah untuk segala usia dari segala penjuru kota baik dalam maupun luar kota Banjarnegara sebab rasa dan harganya yang merakyat. Mantab sob!.

So, sudah laparkah kamu? Soto Krandegan sudah melambai-lambai kepadaku seolah memintaku untuk segera menyantapnya, beeuhhh…nikmat tuhan mana yang kau dustakan wahai soto bawa aku kepadamu.

Jadi bagaimana? Kalian sudah satu selera denganku? Coba lah makan SOPING SOTO KRANDEGAN.

Dolan MBANJAR hehee..

 

* Penulis : Dinda Zhalia Kristi Foto : ngatmow al azis Editor : @kominfobanjarnegara