kapalı escort Telaga Dringo, Ranukumbolo Tersembunyi di Kabupaten Banjarnegara | Visit Banjarnegara
Kirim Tulisanmu Tentang Banjarnegara Ke : visit@banjarnegarakab.go.id

Telaga Dringo, Ranukumbolo Tersembunyi di Kabupaten Banjarnegara

22 Juli 2020

Patut berbahagia para traveller penikmat senja dan para kaum yang haus berwisata, kalian yang rindu jalan-jalan serta liburan karena banyak tempat wisata ditutup sebab adanya pandemi Covid-19 hingga sekarang ini, oke….jangan khawatir!. Untuk mengatasi rasa rindu kalian mas dan mbak bro ada seputar info menarik seputar tempat wisata asri nan sejuk yang sayang untuk dilewatkan.

Sudah tau wisata Telaga Dringo? Kali ini kita akan ulik si kembaran Ranukumbolo. Memang kembar karena Dringo mempunyai view yang hampir mirip dengan Ranukumbolo yang ada di Gunung Semeru, jadi acap kali para pelancong yang sudah menyempatkan datang menyebutnya demikian, jadi tidak perlu jauh-jauh untuk kalian yang berdomisili dekat dengan Kabupaten Banjarnegara, kalian harus mampir ke Dringo. Sudah bisa dibayangkan? Sudah penasaran? Mari kita bahas…cekidot!!

Terletak di Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah. Sekali lagi ya…. Telaga Dringo ada di Kabupaten Banjarnegara. Tidak pernah sepi sekalipun di hari padat bekerja karena pesonanya yang dapat memanjakan mata siapapun pengunjung yang datang. Disebut-sebut kembaran Ranukumbolo nih seperti yang ada di film 5 cm dengan airnya yang biru serta hamparan bukit nan hijau dan sejuknya udara menambah romantisnya suasana di Telaga Dringo bro….

Menurut cerita yang beredar atas kepercayaan masyarakat setempat, mereka meyakini bahwasannya terdapat kerbau bertanduk emas ditengah telaga yang sampai saat ini masih menjadi misteri. Penasaran yaa?…
Berbicara asal muasal nama Telaga Dringo, berawal dari rimbunnya tumbuhan bernama dringo yang tumbuh bebas tanpa pemilik yang menjadi ide tercetusnya nama Telaga Dringo. Ada yang menyebutnya sebagai pohon atau rerumputan yang berbau wangi. Telaga sendiri terbentuk akibat letusan Gunung Sinila pada tahun 1786, telaga menyajikan pemandangan yang masih asri bro…., bebas dari pekatnya polusi kota, dan suasana tenang menemani kita menghabiskan waktu bermalas-malasan disana. Seolah alam memanjakkan kita. Dijamin betah berlama-lama disini.

Akses menuju telaga seolah disajikan untuk kalian mas dan mbak bro para traveller yang hobi berpetualang. di awal perjalanan mungkin akan terasa mulus dan mudah dilalui karena sudah mengalami renovasi. Meskipun trek jalan tidak semulus ekspektasi, para adventuring dengan jiwa petualang tentu tidak menjadikan masalah justru semakin membakar adrenalian yang akan terbayarkan ketika kalian menginjakkan kaki disana. Jadi siap-siap saja dibuat penasaran sekaligus trekking ringan. “Segala tantangan libas dan habiskan”. Begitu kiranya ungkapan para traveller.

Area camp sengaja disiapkan untuk para pelancong yang sengaja datang hanya untuk melepas penat dan ingin bersenda gurau menikmati orange-nya sunset dan sunrise di Dringo, ditemani dengan satu gelas kopi atau susu panas semakin menambah serasi suasana telaga. Banyak terdapat spot foto yang kece dan instagramable yang rugi kalau tidak diabadikan di ponsel dan kamera kalian.
Sempatkanlah singgah jika kalian pergi melancong ke dieng untuk melihat suguhan menawan telaga yang masih perawan ini. Disebut demikian karena belum ramai terjamah manusia ya bro….jadi sudah dipastikan hawanya berbeda. Pokoknya mantap!.

Sering salah faham orang menyebut Telaga Dringo berada di wilayah Kabupaten Batang, padahal sejatinya Dringo ada di Kabupaten Banjarnegara. Satu lagi yang tersembunyi dari tanah Jawa yang kaya akan wisata alam sungguh sia-sia apabila hanya menjadi cerita dan kabar burung yang lalu lalang. Jangan pula kita lupa untuk sadar bahwa alam sudah begitu tulus membagi sejuknya, untuk dinikmati banyak manusia dengan tujuan agar kita memberi balasan cinta yakni dengan menjaga kelestariannya. Hindari sampah dan hal merugikan lainnya yang hanya merusak ekosistem sehingga Dringo dan tempat wisata lainnya menjadi tidak lestari.
Ok fix, setelah ini agendakan dan realisasikan rencana berlibur serta masukan Telaga Dringo di daftar tujuan wisata kalian bro….! Penting diingat mas dan mbak bro sekalian, jangan mengambil apapun selain pengalaman dan foto, juga jangan meninggalkan apapun selain jejak dan kenangan disana yaa… Dengan begitu tujuan berlibur terasa sangat adil untuk kelestarian alam.

Mau kesana ? ikuti peta ini ya gaes ……….

*Penulis : Dinda Zhalia Kristi Foto : Ngatmow Prawierow Editor : @kominfobanjarnegara

Artikel Terkait

KOMENTAR

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *