Kirim Tulisanmu Tentang Banjarnegara Ke : visit@banjarnegarakab.go.id

Telaga Sewiwi, telaga kecil yang (harusnya) indah

3 September 2020

Selama ini banyak orang mengenal Dieng sebagai dataran tinggi dengan tanaman perkebunan yang hijau dan berhawa dingin. Dan kamu mungkin akan berpikir untuk mengunjungi beragam candi-candi dan kawah-kawah yang terbentuk dari aktivitas vulkanik gunung berapi disana. Namun sebenarnya, kamu juga bisa menemukan berbagai telaga cantik yang ada disana lho gaes……serius.

Telaga Sewiwi salah satunya.

Nama yang unik dan (seharusnya) bikin penasaran?

Menurut penjelasan warga sekitar, telaga ini dinamakan telaga sewiwi karena kalau dilihat dari atas (dari arah desa Karangtengah), bentuknya mirip sayap membentang atau “sewiwi” dalam bahasa Jawa. mereka juga menambahkan bahwa dulunya telaga ini memiliki air yang sangat jernih sehingga nampak sangat indah dan seolah “ngiwi iwi” (mengundang untuk mendekatinya – Jawa – red)

Telaga sewiwi menyajikan pemandangan yang masih alami, bebas dari pekatnya polusi perkotaan dan suasana sejuk akan menemani kamu menghabiskan waktu. Meskipun telaga sewiwi tidak seluas telaga-telaga lain di Dieng, hanya sekitar 1 hektare, tapi mempunyai keistimewaan tersendiri tentunya. Obyek wisata telaga sewiwi ini pada awalnya oleh masyarakat setempat difungsikan sebagai tempat pemancingan, bahkan banyak warga dari daerah lain ikut memancing disini untuk menyalurkan hobinya. Namun semenjak lahan kentang dan pertanian warga semakin meluas, telaga ini mengalami perubahan kondisi yang cukup signifikan. Diantaranya adalah debit air yang terus menurun, banyaknya tanaman pengganggu di permukaan telaga hingga pendangkalan yang terjadi karena endapan tanah dari lahan yang terbawa masuk ke dalam telaga.

haduh…..

Memang sih beberapa waktu yang lalu, pernah dilakukan perbaikan lokasi. Kondisinya jadi lebih cantik dan digunakan masyarakat sebagai rest area, fasilitas yang disediakan juga mulai lengkap seperti mushola, toilet, rumah makan, kios oleh-oleh dan beberapa gazebo untuk bersantai.

Oya, di lokasi ini juga dibangun Pintu gerbang yang gagah membentang menyerupai sayap atau sewiwi yang instagramable lho, yang tentu saja membuat siapa saja ingin mendokumentasikannya.

Lokasi

Terletak di desa Kepakisan, kecamatan Batur, kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah, jaraknya hanya sekitar 2km atau sekitar 10 menit dari komplek Candi Arjuna. Dari beberapa telaga yang ada di Dataran Tinggi Dieng, telaga sewiwi merupakan telaga yang paling mudah dijangkau oleh wisatawan. Letak telaga sewiwi sangat strategis dan berada di pinggir jalan raya.

Kondisi jalan yang bagus dam mudah dilalui, wisatawan dapat menjangkau telaga sewiwi dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Jika masih bingung, Google Maps atau bertanya dengan warga sekitar akan membantu memberikan petunjuk arah.

 

 Saran dan Tips       

Telaga sewiwi bisa menjadi rest area bagi wisatawan dari arah Banjarnegara atau Batur untuk menuju obyek wisata utama, bagi wisatawan dari arah Wonosobo telaga sewiwi juga bisa menjadi rest area. Karena berlokasi di dataran tinggi, hawanya pun sangat dingin. Kamu perlu mengenakan jaket atau pakaian hangat lain jika ingin berkunjung ke Dieng. Ditunggu kedatanganmu di Telaga Sewiwi, tapi perlu diingat jangan mengambil apapun selain foto dan jangan meninggalkan apapun selain jejak, ya!

 

* Penulis : Bella Rista Safera. Foto : ngatmow Editor : @kominfobanjarnegara
“>

Artikel Terkait

KOMENTAR

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *