Kirim Tulisanmu Tentang Banjarnegara Ke : visit@banjarnegarakab.go.id

Wisata Rohani di Masjid Agung An Nuur Banjarnegara

13 Februari 2021

Sebelumnya kalian tau kan kota gilar gilar itu julukan untuk kota apa?

Ada yang belum tau? Yaelah masa ngga tau sihh!

Nih aku kasih tau, kota gilar gilar tu julukan untuk kota Banjarnegara. Iyap Banjarnegara kota yang terkenal dengan Dawet ayu, kota yang terkenal sentra buah salak, kota yang terkenal dengan pengrajin keramiknya, kota yang terkenal dengan makanan khasnya seperti buntil, combro, onde onde dan.. pokoknya masih banyak lagi dehh. Hehee..

Kenapa sih, Banjarnegara disebut kota “gilar-gilar”? setiap daerah pastinya mempunyai slogan masing-masing, seperti “Brebes berhias”, “Magelang Gemilang”, “Jakarta Beriman” dan tak terkecuali “Banjarnegara Gilar-gilar”. Menurut peraturan daerah tingkat II Banjarnegara Nomer 21 Tahun 1990 tentang semboyan kehidupan masyarakat merupakan slogan yang mewakili Sembilan aspek kehidupan mencerminkan cita-cita kota Banjarnegara, aspeknya meliputi  Bersih, Tertib, Teratur, Indah, Aman, Nyaman, Tentram, Sopan, Sehat”.

Selain itu, menurut masyarakat Banjarnegara, makna dari kata “gilar” sendiri adalah bersih dan rapi. Sedangkan arti frasa “gilar-gilar” mempunyai makna kemakmuran. Jadi semboyan tersebut mewakili tujuan kota Banjarnegara yaitu demi mencapai kemakmuran masyarakatnya.

Trus kalian pernah ngga sih berkunjung ke pusat Kota Banjarnegara? Kalau pernah, pasti sejauh mata memandang  disuguhi pemandangan yang asri dengan pepohonan yang rindang dan monumen pikulan dawet ayu yang menjadi iconic kota ini. Selin itu tak kalah kerennya bangunan masjid yang ada dipusat kota.

Yapps, Masjid Agung Annur Banjarnegara, tampil nan elok dengan perpaduan dua gaya arsitektur; Arsitektur masjid modern dengan bangunan beton berkubah setengah bundar, bangunan utamanya masih mempertahankan bentuk bangunan masjid tradisional khas Indonesia dengan atap limas bersusun tiga, ditambah dengan satu bangunan menara terpisah dari bangunan masjid.

Masjid Agung Annur merupakan Masjid agung bagi kabupaten Banjarnegara yang berada di ruang jalan KH Ahmad Dalan no.07 Kauman, Banjarnegara, provinsi Jawa Tengah. Masjid agung ini pertama kali dibangun sekitar tahun 1865, semula berupa masjid kecil dengan ukuran 10 x 15 meter, melalui beberapa kali renovasi dan di perbesar bangun hingga ke bentuknya seperti saat ini yang megah nan artistik.

Letak Masjid Agung Annur Banjarnegara ini berada di sisi barat alun alun Banjarnegara, berseberangan dengan kantor Bupati Banjarnegara, berada di sisi timur alun alun. Posisinya yang berada di pusat kota menjadikan masjid ini tak hanya sebagai masjid tertua dan terbesar namun juga sebagai masjid utama di kabupaten Banjarnegara.

For your info, orang nomer satu di Indonesia, bapak presiden Joko Widodo bersama rombongannya pernah menunaikan sholat Jum’at di masjid Agung Annur Banjarnegara ini. Kala itu beliau sedang melakukan perjalanan darat dari kabupaten Banyumas dalam rangkaian kunjungan kerja beliau ke provinsi Jawa Tengah.

Selain itu di bulan suci romadhan, Masjid Agung Annur Banjarnegara ini biasanya menggelar Kampung Ramadhan Kauman (KRK). Kegiatan ini digelar di sepanjang Jalan KH Ahmad Dahlan halaman Masjid Agung Annur Banjarnegara. Dimeriahkan berbagai acara, termasuk bazar takjil dan para UMKM Banjarnegara, juga menggelar lomba-lomba, mulai dari menggambar untuk anak usia dini, busana muslim, fotography, hingga lomba tek-tek religi. Uhh cocok banget nih buat ngabuburit. Pada sore hari juga ada puluhan lapak untuk pedagang kecil. Syurganya pecinta kuliner banget nihh, hehee..

Tak kalah keren suasana malam hari yang begitu indah, sorotan cahaya dari alun-alun dengan lampu lampu yang menyala bergelantungan di pinggiran jalan, dan kemegahan bangunan masjid yang menjulang megah.

 


* Penulis : Khaniffah_Nur Foto : KPFB Editor : @kominfobanjarnegara

Artikel Terkait

KOMENTAR

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *