Kirim Tulisanmu Tentang Banjarnegara Ke : visit@banjarnegarakab.go.id

Yuk! Berwisata Ke Serulingmas Banjarnegara Interactive Zoo

Saat weekend datang pastinya kalian gabut kan dirumah, nah untuk mengatasinya mending quality time deh bareng keluarga, teman, sahabat, pacar, gebetan, atau mantan hehe…

buat kalian yang ada di Banjarnegara dan sekitarnya, nggak perlu jauh-jauh kok buat quality time, sebab di Banjarnegara sendiri ada satu rujukan wisata yang menarik dan edukatif. Serulingmas Banjarnegara Interactive Zoo,  yes it is ……. pastinya udah nggak asing kan ditelinga kalian?

Mungkin sebagian besar dari kita lebih mengenalnya sebagai Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas (TRMS) yang mana masih berada di bawah naungan Dinas Pariwisata,  tapi semenjak berubah menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), tempat ini  berganti nama menjadi Serulingmas Banjarnegara Interactive Zoo….. lebih modern, nyeni dan kekinian kan……..

Berbicara sejarah, Serulingmas Banjarnegara Interactive Zoo didirikan pada tahun 1997 yang diresmikan oleh alm. Bapak Jend. TNI (Purn) Soesilo Soedarman. Jadi kalau dihitung hitung, sampai sekarang Serulingmas Banjarnegara Interacive Zoo sudah berumur 23 tahun, dan hari ulang tahunnya jatuh pada setiap tanggal 21 Agustus. Dengan luasnya yang kurang lebih mencapai 5 Ha, di dalamnya ada sekitar 46 jenis satwa dengan jumlah sekitar 179 ekor. Terdiri dari kelas aves, mamalia, dan juga reptil. Dan satwa yang jadi favorite disini  (minimal sampai saat ini ) adalah Harimau Bengala……

Mungkin banyak yang bertanya kenapa kok ada istilah Interactive Zoo nya…… jadi begini gaes, di Serulingmas Banjarnegara Interactive Zoo ini semua pengunjung diajak untuk ikut aktif dalam mencari informasi mengenai hewan yang mereka lihat dengan cara melakukan scan pada barcode yang sudah disediakan. Barcode itu akan menuntun pengunjung pada sebuah aplikasi khusus yang menjelaskan secara detail mengenai hewan tersebut (selain apa yang sudah tertulis di papan, di setiap kandang)…… begitu……

Karena lokasinya yang  berada di pusat kota Banjarnegara, kalian yang ingin kesini cukup butuh waktu 5 menit dari alun alun untuk sampai ke sini.Nah kalau yang dari luar kota dan menggunakan angkutan umum, kalian bisa turun di tugu dawet ayu alun alun untuk kemudian menggunakan jasa ojek  offline maupun online yang banyak mangkal disitu. Jangan khawatir gaes, ongkos ojek sekali jalan dari situ ga sampai 10 ribu kok. Gampang dan murah kan ?

Di Serulingmas Banjarnegara Interactive Zoo kalian nggak cuma melihat satwa aja guys, banyak wahana keluarga yang bisa kalian nikmati kok. Ada Oemah Terwelu, Kereta Mini, Kereta Listrik, Sepeda Melayang, Komidi Putar Kapal, Bioskop 3D, Flying Fox Anak, Mini Helicopter, dan Play Ground Kids. Dan untuk itu kalian cukup merogoh kocek sebesar  Rp. 8.000 sampai Rp. 10.000 aja, cukup terjangkau kan apalagi kalau lagi bokek hahaha…

Untuk fasilitas umumnya sudah cukup lengkap lho gaes…….. pastinya ada toilet yang cukup bersih, zona santai yang bisa kalian gunakan untuk rebahan atau santai sejenak di atas rumput sintetis, bagi kalian yang ingin berenang disini ada kolam renang yang terdiri dari 3 kolam renang, jangan khawatir kalau kalian ingin melaksanakan ibadah sholat disini disediakan mushola.

Oh iya, Serulingmas Banjarnegara Interactive Zoo juga sering mengadakan event mingguan, bulanan, dan juga tahunan. Event mingguan diadakan setiap hari minggu Musik Minggu Pagi namanya, kalian bisa menyaksikan perform band atau dangdut asyik nih buat bergoyang hihi. Lalu event tahunan dan khusus misalnya  Imlek, diadakan fashion show dan kalian bisa mengikutinya.

Pada pandemi kali ini Serulingmas Banjarnegara Interactive Zoo sempat tutup saat bulan Maret sampai bulan Juli dan buka lagi bulan Agustus, tapi tenang kalian nggak perlu khawatir karena sudah disediakan tempat cuci tangan dan kalian juga akan diperiksa suhu badan sebelum masuk ke tempat wisata, jadi kalian juga harus tetap mengikuti protokol kesehatan yaa.

Selama pandemi ini Serulingmas Banjarnegara Interactive Zoo tidak ada pemasukan sama sekali, jadi mereka mencari donatur untuk memenuhi keperluan satwa dan kebutuhan lainnya. Sampai saat ini jumlah donasi yang sudah terkumpul sekitar Rp. 250 juta lho…. Oh iya kalian yang masih sekolah atau mungkin kerja kalian bisa datang dengan membawa rombongan, karena disini ada harga special untuk kalian kalian yang membawa rombongan sekolah atau rombongan umum. Untuk harga tiket masuk saat weekdays sebesar Rp. 15.000, saat weekend Rp. 20.000, untuk tanggal merah atau libur sekolah Rp.25.000.

Yuk ke Serulingmas Banjarnegara Interactive Zoo sekarang……..

 

* Penulis : titaa.cy. Foto : ngatmow Editor : @kominfobanjarnegara

Artikel Terkait

KOMENTAR

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *